CREATIVE ECONOMY BASED ON SYARIAH AS AN EFFORT TO INCREASE COMMUNITIES WELFARE: Case Study at BAPPEDA, East Java Province, 2019

Syamsuri Syamsuri, Muhammad Reno Fathur Rahman

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the government’s creative economic strategy in improving the welfare of the community, especially in the BAPPEDA of East Java Province and also to find out the efforts of regional governments in developing a sharia-based creative economy. Descriptive qualitative research methods are used by the author as an approach in this study. Data collection techniques are by documentation, interviews and observation. The results of the study indicate that the government’s creative economic strategies are established by building synergy with pentahelix elements, motivating innovation, realizing the “smart economy” program, and collaboration with BEKRAF. It also explained that the efforts of the regional government in developing a sharia-based creative economy are by producing halal products and involving syaria institutions into pentahelix elements and implementing the concept of mashlahah in creative economic activities.

Abstrak: Ekonomi Kreatif Syariah Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Umat. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi ekonomi kreatif pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di BAPPEDA Provinsi Jawa Timur, dan bagaimana upaya pemerintah daerah mengembangkan ekonomi kreatif berbasis syariah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ekonomi kreatif pemerintah dilakukan dengan bersinergi dengan elemen pentahelix, motivasi semangat dan inovasi, sadar program “smart economy”, dan kerjasama dengan BEKRAF. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi kreatif berbasis syariah adalah dengan menghasilkan produk-produk ekonomi kreatif yang halal dan syar‘i, melibatkan institusi syariah ke dalam elemen pentahelix, dan menerapkan konsep mashlahah dalam kegiatan ekonomi kreatif.

Kata Kunci: Ekonomi kreatif, kesejahteraan, ekonomi kreatif syariah


Full Text:

PDF

References


Aam Slamet, Rusydiana. “Analisis Masalah Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia: Aplikasi Metode Analytic Network Process,” in Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 6, No. 2 2016.

Al-Ghazâlî, Abû Hâmid. Al-Mustashfâ min ‘Ilmi al-Ushûl. Lebanon: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Almizan. “Distribusi Pendapatan: Kesejahteraan Menurut Konsep Ekonomi,” in Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Vol. 1, No. 1 2016.

Ambar, Lukitaningsih. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran,” in Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 13 No. 2 2013.

Angga, Prasteya. “Metode Analisis Data Kualitatif Induktif,” in http://kajiansekolah.com, Accessed on 12 November 2018.

Asti, Herliana dan Prima Muhamad Rasyid. “Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software pada Tahap Development Berbasis Web,” in Jurnal Informatika, Vol. 3 No.1 2016.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. Draf Laporan Akhir Pemetaan Potensi Ekonomi Kreatif Unggulan Jawa Timur. 2018.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. Laporan Penyusunan PDRB Ekraf Provinsi Jawa Timur Menurut Lapangan Usaha 2010-2016.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Slide Seminar Perkembangan Ekonomi Kreatif di Jawa Timur, Peluang dan Tantangan. Blitar: Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik. Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota dan Agama yang Dianut di Provinsi Jawa Timur, 2016.

Bahren, Herry Nur Hidayat, et al. “Industri Kreatif Berbasis Potensi Seni dan Sosial Budaya di Sumatera Barat,” in Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 16 No. 1, Juni 2014.

Biro Administrasi Perekonomian Sekda Provinsi Jawa Timur. Roadmap Pengembangan Ekonomi Kreatif Jawa Timur 2014-2018. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Surabaya, 2014.

Bondan Prihastomo. “Pergeseran Paradigma dan Persepsi Karya Arsitektur Bagi Arsitek di Era Informasi,” in Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, Vol. 1 No. 1, 2017.

Departemen Perdagangan Republik. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Perdagangan RI., 2008.

Diana, Ayu Hapsari dan Yunan H. Urbani. “Pembuatan Film Dokumenter Wanita Tangguh Dengan Kamera DSLR Berbasis Multimedia,” in Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 3 No 1, 2014.

Fadlan. “Konsep Pembangunan Ekonomi Berbasis Islam: Sebuah Upaya Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Adil, Makmur, dan Sejahtera,” in Jurnal al-Ahkam, Vol. 5 No. 2 2010.

Galuh, Prestisa dan Bagus Susetyo. “Bentuk Pertunjukan dan Nilai Estetis Kesenian Tradisional, Terbang,” dalam Jurnal Seni Musik, Vol. 2 No. 1, 2013.

Giandari Maulani, Siti Nur Janah, Yuri Alam Mahbubi. “Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid,” in Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 7 No. 1, 2017.

Hendri, Hermawan Adinugraha, Mila Sartika, dan Ana Kadarningsih. “Desa Wisata Halal: Konsep dan Implementasinya di Indonesia,” in Jurnal Human Falah, Vol. 5 No. 5, 2018.

Interview with the Head of Tourism, Cooperatives, Small and Medium Enterprises Sub Division, Nurareni Widiastuti, BAPPEDA of East Java Province Office, Friday, 5th of April 2019.

Irawan dan Suparmoko. Ekonomika Pembangunan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, BPFE-Yogyakarta, 2014.

Ismardi, Ilyas. “Stratafikasi Maqashid al-Syari’ah Terhadap Kemaslahatan dan Penerapannya,” in Jurnal Hukum Islam, Vol. 14 No. 1, 2014.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), edisi ke-5, 2016.

Martini, Dwi Pusparini. “Konsep Kesejahteraan dalam Ekonomi Islam,” in Islamic Economics Journal, Vol. 1 No. 1, 2015.

Metasari, Kartika, dan Hendarmin. “Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak,” in Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 7 No. 1, 2018.

Mimi, Zulaikha. Dukungan Kementerian/Lembaga Dibutuhkan untuk Mewujudkan RINDEKRAF. Accessed on 15 April 2019, http://www.bekraf.go.id.

Mujib, Abdul. “Realitas Sistem Perbankan Syariah dan Ekonomi Islam,” in Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 2 No. 1, 2017.

Nasrudin, Ali. “Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Tulung Agung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu.” Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Nur Istiani, Ade. “Konstruksi Makna Hijab Fashion Bagi Moslem Fashion Blogger,” in Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 3 No. 1, 2015.

Ririn Noviyanti. “Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1,” in Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, Vol. 1 No.1, 2017.

Rusydi, Noviana. “Pengaruh Penerapan Ekonomi Kreatif Terhadap Kreativitas Remaja di Kota Lhokseumawe,” in Jurnal Visioner & Strategis, Vol. 5 No. 1, 2016.

Sadeq, Abul Hasan Muhammad, “Economic Development in Islam,” in Journal of King Abdulaziz University, Vol. 5, Jeddah–Saudi Arabia, 1993.

Saksono, Herie. “Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah,” in Jurnal Bina Praja, Vol. 4 No. 2, 2012.

Sari, Hardiyanto. Ekonomi Kreatif Jadi Bekal Bangun Jawa Timur. Accessed on 27 Oktober 2018, https://www.jawapos.com.

Satria, Dias dan Ayu Prameswari. “Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal,” in Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 9 No. 1, 2011.

Satya, Abbi. “Contoh Ekonomi Kreatif yang Berkembang di Berbagai Daerah Indonesia,” Accessed on 15 Maret 2019, https ://kodediskonruangguru.com.

Sefmiwati. “Pengembangan Pembelajaran Seni Kriya Menggunakan Teknik Pemodelan Berbasis Pendekatan Saintifik,” in Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 1 No. 1, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

Sururi, Ahmad. “Inovasi Model Pengembangan Kebijakan Ekonomi Kreatif Provinsi Banten,” in Jurnal Scientium, Vol. 6 No.1, 2017.

Syahnan, Mhd. “The Image of the Prophet and the Systematization of Ushul al-Fiqh: A Study of al-Shafi’i’s Risalah”, in MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, No. 103, 1998, pp. 44-50.

Syahnan, Mhd. Modernization of Islamic Law of Contract: A Study of ‘Abd al-Razzaq al-Sanhuri’s Masadir al-Haqq fi al-Fiqh al-Islami: Dirasah Muqaranah bi al-Fiqh al-Gharbi. Jakarta: Badan Litbang & Diklat Departemen Agama RI, 2009.

Syamsuri, and Okta Yuripta Syafitri. “Maqâshid al-Syarî‘ah Approach on the Empowerment of Human Resources in Mulyodadi Village Bantul Yogyakarta,” in MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 42, No. 2, 2018.

Syamsuri. Ekonomi Pembangunan Islam Sebuah Prinsip Konsep dan Asas Falsafahnya. Ponorogo: UNIDA Gontor Press. 2018.

Tawadlu, Akbar Auzan, and Edriana Pangestuti. “Peran Kuliner Dalam Meningkatkan Citra Destinasi Pariwisata,” in Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 50 No. 1, 2017.

Tim Studi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Desain Nasional 2015-2019. Jakarta: Republik Solusi, 2015.

Tim Studi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Penerbitan Nasional 2015-2019. Jakarta: Republik Solusi, 2015.

Tim Studi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Televisi dan Radio Nasional 2015-2019. Jakarta: Republik Solusi, 2015.

Tim Studi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Seni Pertunjukan Nasional 2015-2019. Jakarta: Republik Solusi, 2015.

Tim Studi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Seni Rupa Nasional 2015-2019. Jakarta: Republik Solusi, 2015.

Tunjung, Riyadi. “Sinematografi Dengan Kamera DSLR,” in Jurnal Humaniora, Vol. 5 No. 2, 2014.

V. Wiratna, Sujarweni. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v43i2.674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: