PROFESIONALITAS GURU MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH

Amiruddin Siahaan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan profesionalitas guru. Ayat-ayat tersebut kemudian ditafsirkan menurut Tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode tematik (maudhû‘i), yakni menghimpun ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara tentang profesionalitas guru. Selanjutnya, untuk mengungkap makna-makna serta simbol-simbol dalam ayat-ayat al-Qur’an tentang rumusan profesionalitas guru, penulis menggunakan pendekatan linguistik, semiotik, hermeneutik dan psikologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan profesionalitas guru dalam konsep Tafsir al-Mishbah dapat dilakukan melalui upaya membangun kompetensi guru yang profesional berbasis nilai-nilai Islami, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bercirikan nilai-nilai Islami, menciptakan suasana pembelajaran yang efektif berciri khas Islam, dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional dengan pengembangan berbagai kompetensi profesionalitas guru.

Abstract: Teacher’s Professionalism in M. Quraish Shihab’s Tafsir al-Mishbah. This study aims to reveal Quranic verses related to teacher’s professionalism. The verses are  interpreted through Tafsir al-Mishbah the works of M. Quraish Shihab. This research is a library research and categorise as qualitative research. The method use is thematic method (maudhû‘i) which collecting the verses of al-Qur’an that tell about the teacher’s professionalism. Then to uncover the meanings and symbols use in the verses of al-Qur’an which formulate the teachers’ profesionalisms, the authors use linguistics, semiotics, hermeneutics and psychology approaches. The result of the research showed that the formation of the teachers’ professionalism in Tafsir al-Mishbah concept can be done through, building teachers’ profesionalism competencies based on Islamic values, creating conducive learning and Islamic values characteristics, creating effective learning with Islamic characteristics, and supporting the purposes of national education with development of teachers’ profesionalism competencies.  

Kata Kunci: al-Qur’an, M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, profesionalitas, guru

Full Text:

PDF

References


Al-Qardhâwi, Yûsuf. al-‘Ibâdah fî al-Islâm. Kairo: Maktabah Wahbah. 1985.

Al-Marâghi, Ahmad Mushthafâ. Tafsîr al-Marâghi. Beirut: Dâr al-Fikr, t.t.

Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Tafsîr al-Âyât al-Tarbawiy. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Nurdin, Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Siahaan, Amiruddin dan Tohar Bayoangin. Manajemen Pengembangan Profesi. Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur‘ân, Vol. I-XV. Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Qur’ân al-Karîm: Tafsir atas Surat-Surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.

Yustiyawan, Rachman Halim dan Desi Nurhikmahyanti. “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesional Guru yang Bersertifikasi terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1,” dalam Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3. No. 3, 2014.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

“99.387 Guru Belum Sarjana-Pemerintah Diminta Biayai Pendidikan Guru,” dalam http://koran-sindo.com, diakses 12 November 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v40i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats