PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PAI DI ACEH

Zulfikar Ali Butho

Abstract


Abstrak: Pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di wilayah Kota Lhokseumawe dilatarbelakangi oleh kompetensi guru Pendidikan Agama Islam mengalami kemunduran dari beberapa indikator profesionalisme. Artikel ini mengajukan temuan, yang didasarkan pada teknik pengumpulan data kualitatif yang dideskripsikan melalui analisis dekriptif, bahwa pengembangan kompetensi profesionalisme guru di Kota Lhokseumawe belum sepenuhnya mengalami perkembangan. Langkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukan penguatan melalui kegiatan Kerja Kelompok Guru, serta melakukan pusat kegiatan guru pada tingkat kecamatan. Lebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi dana peningkatan guru, terjadinya penurunan motivasi, dan kurangnya penguasaan informasi dan teknologi.

Abstract: The Development of Professionalism Competence of Islamic Education Teachers in Aceh. The development in Islamic Education Teachers Lhokseumawe City area, against the background by the competence of teachers of Islamic education suffered a setback of several indicators of professionalism. The findings based on qualitative data collection techniques are described through descriptive analysis reveals that the development of professional competencies of teachers in Lhokseumawe city has not shown significant growth. Efforts to develop  professional competence of teachers are done through independent study, individual training, discussions and meetings of the board of teachers, strengthening through teachers’ group work, and organizing centre for teachers’ activities at the district level. However, the whole process of the training for teachers of Islamic education became stagnant, the budget cut for improving the quality of teachers, less motiveted, and lack of mastery of information and technology.

Kata Kunci: guru, kompetensi, profesionalisme, pendidikan agama Islam


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru, 1998.

Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. 2. Jakarta: Ruhama, 1995.

Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

Ma’arif, Syamsul. Guru Profesional Harapan dan Kenyataan. Semarang: Need’s Press, 2011.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyasa. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ni’am, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: eLSAS, 2006.

Novan Ardi Wiyani, Barnawi. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Roestiyah. Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Cet. 6. Jakarta: Bina Aksara,2001.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Trianto dan Titik Triwulan Tutik. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Umardi. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 1999.

UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Zainuddin, M. Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

                                                                  

 .....................................................................................