مهارة القراءة ووظيفتها فى تعليم اللغة العربية

Darwin Zainuddin

Abstract


Abstrak:  Keberhasilan dalam pengajaran bahasa Arab sangat dipengaruhi oleh metode pengajaran yang digunakan, semakin sistematis metodenya maka akan menghasilkan penguasaan bahasa secara sempurna. Kesempurnaan penguasaan suatu bahasa dapat diukur dari penguasaan empat kemahiran (kompetensi) yang merupakan satu paket yang mempunyai kaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu keberhasilan pengajaran suatu bahasa tidak terlepas dari kemampuan dosen bahasa itu sendiri untuk menghidupkan keempat maharah tersebut. Dalam tulisan ini akan difokuskan pada salah satu dari keempat  kemahiran dalam penguasaan bahasa Arab yaitu  mahârah Qirâah. Dalam tulisan ini mencoba untuk mengungkapkan keunggulan dari Maharah ini sangat penting untuk dikaji dan diterapkan ketika berlangsung pengajaran bahasa Arab pada mahasiswa, agar dapat termotivasi usaha belajar bahasa Arab dan menumbuhkan daya minat membaca majalah, buku-buku dan leteratur yang berbahasa Arab.

Kata Kunci: al-qirâah, mahârah, al-ta’lîm, al-shômitah, al-jahriyah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v34i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats