KONSTRUKSI INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU | Harahap | MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

KONSTRUKSI INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Musaddad Harahap

Abstract


Abstrak: Kajian ini berupaya menyingkap bagaimana konstruksi integrasi ilmu di Universitas Islam Riau (UIR). Dengan pendekatan metode grounded teory, kajian ini berupaya untuk menguatkan teori tentang integrasi ilmu dengan objek kajiannya di UIR. Data dalam kajian ini diambil dari studi lapangan dan observasi mendalam. Hasil kajian ini mengungkap bahwa konstruksi integrasi ilmu pengetahuan di UIR sejak berdirinya tahun 1962 merupakan cita-cita para pendirinya yang menghendaki kampus ini berasaskan Islam. Secara eksplisit, tema integrasi ilmu pengetahuan dapat dilihat dari rumusan tujuan UIR, yang turunannya telah melahirkan berbagai kebijakan seperti kurikulum pendidikan Islam, Lembaga Dakwah Islam Kampus, pembinaan ke-Islaman dosen dan pengawai, green campus, pembinaan baca tulis al-Qur’an untuk mahasiswa, kajian Islam rutin melalui pemberdayaan masjid, organisasi Islami mahasiswa di setiap fakultas, dan penanaman karakter kampus dengan konsep Cerdas, Empati, Religius, Ikhlas, dan Amanah (CERIA).

Abstract: The Construction of Science Integration in Islamic University of Riau. This study seeks to strengthen the theory of the integration of science with the object of study at Universita Islam Riau. The data was collected from field studies and in-depth observations. This study found that the construction of science integration at UIR since its establishment in 1962 was the ideals of its founders, so it was decided to be based on Islam. Explicitly the theme of science integration can be seen from the formulation of UIR objectives, that has given birth to various policies such as Islamic education curriculum, Campus Islamic Propagation Board, Islamic guidance for lecturers and employees, green campus, fostering reading and writing of the Koran for students, routine Islamic study circles, mosque empowerment, and internalization of campus character with the concepts of Smart, Empathy, Religiousity, Sincere, and Amanah (CERIA).

Kata Kunci: Islam, science, integration, Islamic University of Riau


Keywords


Konstruksi, Integrasi, Ilmu Pengetahuan, Universitas Islam Riau

Full Text:

PDF

References


Akbarizan. Integrasi Ilmu: Perbandingan antara UIN Suska Riau dan Universitas Ummu al-Qur’an Makkah. Pekanbaru: Suska Press, 2014.

Al Rasyidin dan Ja’far. Filsafat Ilmu dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Al-Ashfahani, al-Raghib. Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an, terj. Ahmad Zaini Dahlan, Jilid 1. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id, 2017.

Amin Abdullah, M. “Religion, Science and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science,” dalam Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, Vol. 52, No. 1, 2014.

Amril, M. Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.

Asyari, Suaidi. “Incorporating Islamism Into Secular Education System: An Attempt of Gradual Islamization of the State and Society by an Indonesian Tarbiyah Movement in Jambi,” dalam Journal of Indonesian Islam, Vol. 11, No. 1, 2017.

Bakar, Osman. Tauhid dan Sains: Esai-Esai Tentang Sejarah dan Filsafat Sains Islam. Bandung: Pustaka Hidayah, 1995.

Fahmi, Muhammad. “Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman,” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol. 2, No. 2, 2014.

Garadian, Endi Aulia. “Para Wali Nyentrik: Rekontekstualisasi Islamisasi di Tanah Jawa, Menantang Fundamentalisme Islam,” dalam Studia Islamika, Vol. 26, No. 2, 2019.

Hanafi, Imam. “Basis Epistemologi Dalam Pendidikan Islam,” dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1. No. 1. 2012.

Hanafi, Muchlis Muhammad. “Integrasi Ilmu dalam Perspektif al-Qur’an,” dalam Suhuf Jurnal Pengkajian al-Qur’an dan Budaya, Vol. 3, No. 2, 2010.

Harahap, Musaddad dan Lina Mayasari Siregar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna,” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 2, No. 2, 2017.

Humaidi. Paradigma Sains Integratif al-Farabi. Jakarta: Sadra Internasional Institute, 2015.

Karya, Detri. Buku Pedoman Akademik UIR Unggul dan Terkemuka di Asia Tenggara 2020. Pekanbaru: UIR, 2014.

Karya, Detri. Pendidikan Karakter di Universitas Islam Riau Melahirkan Pribadi Unggul. Pekanbaru: t.p., t.t.

Keputusan Menteri Dalam Negeri No. Desember /I/44-25 pada tanggal 20 Januari 1959.

Lembaga Dakwah Islam Kampus. “Latar Belakang Lembaga Dakwah Islam Kampus,” dalam http://ldik.uir.ac.id/wb/pg/article/program/detail/1109/, 14 Oktober 2018.

Miftahuddin. “Integrasi Pengetahuan Umum dan Keislaman di Indonesia: Studi Integrasi Keilmuan di Universitas Islam Negeri di Indonesia,” dalam Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, Vol. 1, No. 1, 2016.

Mollah, Moch. Kalam. “Konsep Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam Dalam Perspektif al-Qur’an,” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol. 3, No. 2, 2015.

Mustaqim, Yunus. “Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam,” dalam Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1, 2014.

Othman, Azam, et al. “Islamic Integrated Education System Model in the Malay Archipelago: Implications for Educational Leadership,” dalam Intellectual Discourse, Vol. 25, No. 1, 2017.

Pemerintah Provinsi Riau. “Sejarah Terbentuknya Riau,” dalam https://www.riau.go.id/home/content/61/data-umum, 06 Agustus 2018.

Surat Keputusan Rektor Nomor 296/UIR/KPTS/2018 Tentang Tim Seleksi Mentor Bimbingan Baca al-Qur’an Universitas Islam Riau.

Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Riau Nomor 1142/UIR/KPTS/2016 Tentang Penetapan Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Agama Islam Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 21 Desember 2016.

Syahnan, Mhd. Hukum Islam dalam Bingkai Transdisipliner. Medan: Perdana Publishing, 2018.

Tuah, Abdul Hafiz Mat. “Pendekatan Falsafah Sains al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Kebangsaan,” dalam Jurnal Ushuluddin, Vol. 23, No. 2, 2017.

UIN Suska Riau. “Sejarah Singkat Universitas”, dalam https://uin-suska.ac.id/profil/sejarah-ringkas-universitas/, 06 Agustus 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Universitas Islam Riau. “Visi, Misi dan Tujuan UIR,” dalam https://uir.ac.id/visi-misi, 14 Oktober 2018.

“Universitas Riau,” dalam http://unri.ac.id/sejarah/, 04 Agustus 2018.

Wahab, Abdul. “Dualisme Pendidikan di Indonesia,” dalam Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 16, No. 2, 2013.

Yahya, Amiruddin. “Dinamika Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 41, No. 1, 2017.

YLPI. Sejarah Singkat, Visi dan Misi Serta Keadaan YLPI Riau Saat Ini. Pekanbaru, YLPI, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v43i2.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats