ANALISIS METODOLOGIS-FILOSOFIS KONSEP TAFSIR JAMÂL AL-BANNÂ

Mukhammad Zamzami

Abstract


Abstrak: Artikel ini mencoba untuk mengulas metode penafsiran Jamâl al-Bannâ secara metodologis dan filosofis. Dimulai dengan upaya untuk mendekonstruksi interpretasi hasil dari semua mufasir klasik, Jamâl al-Bannâ mengusulkan tiga tahap dalam penafsiran al-Qur’an, yaitu pendekatan seni, pendekatan psikologis, dan pendekatan rasional. Ketiganya merupakan tahapan hierarkis untuk bisa sampai pada sebuah penafsiran. Setelah bisa sampai pada tahap penafsiran, Jamâl al-Bannâ tidak merekomendasikan metode tertentu atau membatasi ilmu pengetahuan tertentu sebagai metode analisa penafsiran. Ia menolak jika salah satu metode tertentu memiliki garansi sebagai satu-satunya cara untuk menemukan kebenaran, karena al-Qur’an tidak harus dibatasi. Dalam sosiologi pengetahuan, pemikirannya mirip denganAgainst Method (Anarkisme Metode) Paul K. Feyerabend. Bagi Jamâl al-Bannâ, manusia sangat otonom dan bebas untuk menafsirkan selama itu sejalan dengan prinsip-prinsip humanis dan universal yang terkandung dalam al-Qur’an.


Abstract: Methodological and Philosophical Analysis of Jamâl al-Bannâ’s Qur’anic Exegesis. This article seeks to analyze the method of Jamâl al-Bannâ’s interpretation. Beginning with an attempt to deconstruct the interpretation of the results of all classicalmufassir, Jamâl al-Bannâ proposed three stages in the interpretation of the Qur’an that include such approaches as stylistic, psychological, and rational method. All three approaches are utilized hierarchically in order to come to an interpretation. At the rational stage of Qur’anic exegesis, Jamâl al-Bannâ didn’t recommend a specific method or limit the science to a particular method. He refused that one particular method has the warranty as the only interpretation to seek the way for the truth, because the Qur’an should not be restricted. In the sociology of knowledge, his thinking is similar to that of Paul K. Feyerabend’s Against Method. According to Jamâl al-Bannâ, human beings are very autonomous and free to interpret the Qur’an as long as it is in line with the principles of humanistic and universal values as enshrined there in.


Kata Kunci: Tafsir al-Qur’an, Jamâl al-Bannâ, pendekatan seni, metode penafsiran


Full Text:

PDF

References


A. F. Chalmers. Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra. Jakarta: Hasta Mitra, 1983.

A’la, Abd. Dari Neo Modernisme ke Islam Liberal. Jakarta: Dian Rahmat, 2009.

Abqary, Qusthan. Melawan Fasisme Ilmu. Jakarta: Kelindan, 2009.

Abû Zayd, Nasr Hâmid. Ishkâlîyât al-Qirâah wa Âlîyât al-Ta’wîl. Beirut: Markaz al-Thaqâfî, 1994.

Agger, Ben. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2003.

Amal, Taufik Adnan. “Pengantar: Fazlur Rahman dan Usaha-usaha Neomodernisme Islam Dewasa ini” dalam Fazlur Rahman, Metode dan Alternatif Neo-Modernisme, terj. Taufik Adnan Amal. Bandung: Mizan, 1992.

Ayalon, Ami. Language and Change in The Arab Middle East: Studies in Middle Eastern History. New York: Oxford University Press, 1987.

al-Bannâ, Jamâl. al-Aslân al-‘Azîmân “Al-Qur’an wa al-Sunnah”: Ru’yah Jadîdah. Kairo: Matba‘ah Hisân, 1982.

al-Bannâ, Jamâl. al-Awdah ilâ al-Qur’an. Kairo: Dâr al-Shurûq, 2008.

al-Bannâ, Jamâl. al-Islâm kamâ Tuqaddimuhu Da‘wat al-Ihyâ’ al-Islamî. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2004.

al-Bannâ, Jamâl. al-Mashrû‘ al-Hadârî li Da‘wah al-Ihyâ’ al-Islâmî. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, t.t.

al-Bannâ, Jamâl. Hâ Huwa Dhâ al-Barnâmij al-Islâmî. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmi, 1991.

al-Bannâ, Jamâl. Hal Yumkin Tatbîq al-Sharî‘ah. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2005.

al-Bannâ, Jamâl. Istrâtîjîyah al-Da‘wah al-Islâmîyah fî Qarn 21. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2000.

al-Bannâ, Jamâl. Mâ ba‘d al-Ikhwân al-Muslimîn. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 1996.

al-Bannâ, Jamâl. Nahw Fiqh Jadîd: Muntaliqât wa Mafâhîm: Fahm al-Khitâb al-Qur’anî, Vol. 1. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 1996.

al-Bannâ, Jamâl. Tafsîr al-Qur’an al-Karîm mâ bayn al-Quddâmâ wa al-Muhaddithîn. Kairo: Dâr al-Shurûq, 2008.

al-Bannâ, Jamâl. Tajdîd al-Islâm wa I‘âdat Ta’sîs Manzûmat al-Ma‘rifah al-Islâmîyah. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2005.

al-Bannâ, Jamâl. Tathwîr al-Qur’an. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2000.

Brown, Harold I. Perception, Theory and Commitment: The New Philosophy of Science. Chicago: The University of Chicago Press, 1979.

Ensiklopedi tokoh yang memuat profil ibunda Hasan al-Bannâ dalam www.egyptwindow.net/nafidatumasr/07-08-2007

Fanani, Muhyar. Metode Studi Islam: Aplikasi Sosiologi Pengetahuan sebagai Cara Pandang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Feyerabend, Paul Karl. “How to be a Good Empiricist”, dalam Brody, Barucho, Grandy, A. Richard, Reading in the Philosophy of Science. New Jersey: Prentince Hall Engleewood Clifft, 1989.

Hardiman, F. Budi. Kritik Ideologi: Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Hardiman, F. Budi. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Hidayatullah, Syarif. Intelektualisme dalam Perspektif Neo-Modernisme. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2000.

http://ar.wikipedia.org/wiki/Jamâl_al_Banna

Karam, Yûsuf. Târîkh al-Falsafah al-Hadîthah. Kairo: Dâr al-Ma‘ârif, Cet. Ke-5, 1986.

Lee, Robert D. Mencari Islam Autentik: Dari Nalar Puitis Iqbal hingga Nalar Kritis Arkoun, terj. Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan, Cet. Ke-2, 2000.

Magnis-Suseno, Franz. Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Magnis-Suseno, Franz. Pijar-Pijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Kanisius, 2005.

Mannheim, Karl. Ideologi dan Utopia: Menyingkap Kaitan Pikiran dan Tindakan, terj. F. Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Mansur, M. “Metodologi Penafsiran Realis ala Hassan Hanafi” dalam Jurnal al-Qur’an dan Hadits, Vol. 1, No. 1. Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga, 2000.

Mustaqim, Abdul Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Qâdir (al), Ashraf ‘Abd. “Jamâl al-Bannâ: al-‘Almânîyah laysat diddu al-Dîn wa lâkin diddu an Yadkhula al-Dîn fî al-Siyâsah” (wawancara) dalam www.ahewar.org/debat/14-02-2003/diakses 09-05-2007.

Sâlih, Hâshim. “Jamâl al-Bannâ… Bayn al-Islâh al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat.com/24-Mei-2004.

Sarjuni. “Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend”, dalam Listiyono Santoso dkk, Epistemologi Kiri. Yogyakarta: ar-Ruzz, 2003.

T.W., Prasetya. “Hakikat Pengetahuan dan Cara Kerja Ilmu-Ilmu”, dalam Tim Redaksi Driyarkara. Jakarta: Gramedia, 1993.

Zamzami, Mukhammad. “Konsep Pembaruan Revivalisme-Humanis Jamâl al-Bannâ”. Disertasi--IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2012.

Zaqzûq, Mahmûd Hamdî. Dirâsât fî al-Falsafah al-Hadîthah. Kairo: Dâr al-Fikr al-‘Arabî, 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v38i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats