DINAMIKA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DI INDONESIA

Amiruddin Amiruddin

Abstract


Abstrak: Tulisan ini berupaya menganalisis dinamika perkembangan  Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia dari perspektif sejarah. Penulis mengklaim bahwa Perguruan tinggi Islam pertama di Indonesia adalah STI (Sekolah Tinggi Islam) didirikan di Jakarta pada tahun 1945, yang tiga tahun kemudian ditransformasi menjadi UII (Universitas Islam Indonesia) di Yogyakarta. Pada tahun 1951, selanjutnya, pemerintah mendirikan PTAIN di Yogyakarta dengan menegerikan fakultas agama Islam pada UII. Disamping itu, pemerintah mendirikan ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) di Jakarta pada tahun 1957. Hasil perkawinan kelembagaan antara PTAIN dan ADIA melahirkan IAIN  atau al-Jamiah al-Islamiyah al-Hukumiyah didirikan pada tahun 1960 di Yogyakarta. Cabang-cabang IAIN di daerah ditingkatkan statusnya oleh pemerintah pada tahun 1997 menjadi STAIN. Perkembangan paling signifikan terjadi pada tahun 2002 dimana beberapa IAIN dan STAIN dikonversi menjadi UIN. Penulis mengklaim bahwa format terakhir ini merupakan perkembangan paling sentral di era globalisasi dengan konsep integrasi ilmu.

Abstract: The Dynamics of Islamic Higher Education Institutions in Indonesia. This paper seeks to analyze the dynamics of the development of Islamic Higher Education in Indonesia from a historical perspective. The author claimed that the first Islamic College in Indonesia was the STI (Islamic High School) founded in Jakarta in 1945, which three years later was transformed into UII (Islamic University of Indonesia) in Yogyakarta. In 1951, furthermore, the government established PTAIN in Yogyakarta integrated in UII. In addition, the government established ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) in Jakarta in 1957. The result of institutional marriage between PTAIN and ADIA gave birth to IAIN or al-Jamiah al-Islamiyah al-Hukumiyah was founded in 1960 in Yogyakarta. The IAIN branches in the region were upgraded by government in 1997 to become STAIN. The most significant developments occurred in 2002 where some IAIN and STAIN were converted to UIN. The author claims that this last format is the most central development in the era of globalization with the concept of science integration.
 
Kata Kunci: Indonesia, lembaga pendidikan tinggi, UIN, IAIN, STAIN

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin. “Religion, Science And Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science,” dalam al-Jami‘ah: Journal of Islamic Studies”, Vol. 52, 2014

Ajid, Thohir. Studi Kawasan Dunia Islam Perspektif Etno-Linguistik dan Geo-Politik. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Al Rasyidin. “Islamic Organizations In North Sumatra: The Politics of Initial Establishment and Later Development,” dalam Journal of Indonesian Islam, Vol. 10, 2016.

Azyumardi, Azra. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milinium III, cet. 2. Jakarta: Kencana, 2014.

Badri, Yatim. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

Burhanuddin, Jajat. “The Dutch Colonial Policy On Islam: Reading the Intellectual Journey of Snouck Hurgronje,” in Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, Vol. 52, 2014

Hadi, Hasbullah, et al. Kebijakan Pendidikan Nasional Terhadap Pendidikan Islam dan Pendidikan Sekuler,”dalam Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. XL, 2016.

Haidar, Daulay Putra. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Haidar, Daulay Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2006.

Hasan Tholhah, Muhammad. Islam Dan Masalah Sumber daya Manusia. Jakarta: Lantabora Pers, 2003.

Hasan, Asari. Esai-Esai Sejarah Pendidikan, dan Kehidupan. Medan: el Misyka Circle, 2009

Hasan, Asari. Menyingkap Zaman Keemasan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media, 2007.

Hasan, Asari. Modernisasi Islam: Tokoh, Gagasan dan Gerakan sebuah Catatan Tentang perkembangan Modern Dunia Islam. Bandung: Citapustaka Media, 2002.

Hasibuan, Lias, “Pengembangan Sistem Perkuliahan Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam,” dalam Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. XXXII, 2008.

Idris, Muh, “Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam,” dalam Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. XXXVIII, 2014.

Lubis, Fadhil Nur A. Rekonstruksi Pendidikan Tinggi Islam: Memberi Makna Kelahiran UINSU. Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Mahmud, Yunus. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya, 1996.

Moh., Roqib. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.

Mulkan, Abdul Munir. “Islamic Education And Da’wah Liberalization: Investigating Kiai Achmad Dachlan’s Ideas”, dalam al-Jami’ah, Vol. 46, 2008.

Musthofa, Rembangy. Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan Di tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras, 2008.

Muzayyin, Arifin. Kapita selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Nizar Samsul, et al. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2013.

Noor, Firman. “Islamic Party And Pluralism: The View and Attitude of Masyumi towards Pluralism in Politics (1945-1960),” dalam Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, Vol. 54, 2016.

Qomar, Mujamil. Fajar Baru Islam Indonesia: Kajian Komprehensif Atas Sejrah Dan Dinamika Intelektual Nusantara. Bandung: Mizan Pustaka, 2012.

Syahrizal. “Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Sahnun : Analisis Kritis Kurikulum Pengajaran di Institusi Pendidikan Dasar Islam,” dalam Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. XXXVI, 2012.

Syamsuddin, Abdullah. Agama dan Masyarakat Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Tolchah, Moch. “The Political Dimension Of Indonesian Islamic Education In The Post-1998 Reform Period,” in Journal of Indonesian Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v41i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats