ETIKA PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-NAWAWÎ | Salminawati | MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

ETIKA PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-NAWAWÎ

Salminawati Salminawati

Abstract


Abstrak: Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya adalah kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional juga menegaskan urgensi penanaman karakter oleh pendidik terhadap peserta didik, sehingga para pendidik pun dituntut memiliki karakter yang telah ditetapkan. Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam. Di antara fukaha di dunia Islam, Imam al-Nawawî telah memberikan ulasan tentang etika pendidik dalam Islam. Berdasarkan analisis isi terhadap karya Imam al-Nawawî, ditemukan bahwa seorang pendidik Muslim dituntut memiliki etika yang harus dipahami dan diamalkan dalam proses pembelajaran, yang terdiri atas etika pendidik dari aspek kepribadian, etika pendidik dari aspek kegiatan ilmiah, dan etika pendidik dari aspek penyampaian pembelajaran. Artikel ini telah menegaskan bahwa khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya, dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Abstract: Teacher’s Ethic in the Perspective of Imam al-Nawawî’s Thought. National education policies require educators in Indonesia to have four competencies; among of it is personality competences. National education reiterated the urgency of the character building by educators to students, so that the educators were required to have a character that has been decided. This article examines the Jurists review toward educators’ ethics in Islam. Among of jurists in Islamic world, Imam al-Nawawî has given reviews on educators’ ethics in Islam. Based on a content analysis of Imam al-Nawawî work, it was found that a Muslim educators are required to have ethics that must be understood and practiced in the learning process, which consists of educators ethics from personality aspects, educators ethics from scientific activity aspect, and educators ethics from learning delivery aspects , This article has been asserted that the Islamic literatures about the educators ethics is very much, and must be actualized in Islamic education in Indonesia.

Kata Kunci: al-Nawawî, etika, pendidik, kepribadian, kegiatan ilmiah, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abu Zaid, Bakar ibn ‘Abdulâh. Hilyat Thalibi al-‘Ilmi. Kairo: Dâr al-‘Aqîdah, 1426 H.

Alfan, Muhammad. Filsafat Etika Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Al-Nawawî. Al-Majmu‘ Syarah al-Muhazzab. Beirut: Dâr al-Fikr, 1980.

Al-Zabîdî, Muhammad ‘Abd al-Razzâk. Tâj al-Ars min Jawâhir al-Qâms,Vol I. Beirut: Dâr Ihyâ’ al-Turâts, 1984.

Bertens, K. Etika, Cet. 10. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Ibn ‘Asâkir, Abî al-Qâsim ‘Alî ibn Husain ibn Hibah al-Allâh ibn ‘Abd Allâh al-Syâfi‘î, Târîkh Madînah Dimasyq, ditahqiq oleh Muhibb al-Dîn Abî Sa’îd. Beirut: Dâr al-Fikr, 1415/1995.

Ibn al-Aththâr. Tuhfah al-Thâlibîn, Vol. III. Beirut: Dâr Ihyâ’ al-Turâts, 1989.

Ibn Khaldûn, ‘Abd al-Rahmân. Muqaddimah, Jilid II. Beirut: Dâr al-Jayl, t.t.

Ibn Jamâ‘ah, Badr al-Dîn. Tazkirah al-Sâmi‘ wa al-Mutakallim fî Adab al-‘Âlim wa al-Muta‘allim, diedit oleh ‘Abd al-Amîr Syams al-Dîn. Beirut: Dâr Iqra’, 1986.

Joice, B., dan M. Weil. Model of Teaching New. Jersey: Englewood Cliffs Publisher, 1980.

Kartanegara, Mulyadhi. Nalar Religius: Memahami Hakikat Tuhan, Alam dan Manusia Jakarta: Erlangga, 2007.

Langgulung, Hasan. Azas-Azas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1987.

Mas‘ud, Abdurrahaman. “Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam,” dalam Paradigma Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Mustafa, A. Akhlak Tasawuf, Cet. 3. Jakarta: Pustaka Setia, 1999.

Nakosteen, Mehdi. Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam. Surabaya: Risalah Gusti, 1996.

Suseno, Frans Magnis. Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Syâkir, Mahmûd. Al-Târîkh al-Islâmî al-Ahdi al-Mamlukî, Jilid VII. Beirt: al-Maktabah al-Islâmî, 1421 H.

Usman. “Karakter Pendidik di Era Klasik dan Modern: Sebuah Upaya Menuju Pendidik yang Berkualitas,” dalam Suwito dan Fauzan (ed.) Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2005.

Yahya, Murip. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v40i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats