STRENGTHENING LINGUISTIC AND EMOTIONAL INTELLIGENCE OF MADRASAH TEACHERS IN DEVELOPING THE QUESTION AND ANSWER METHODS
Abstract
Abstrak: Memperkuat Kecerdasan Linguistik dan Emosional Guru Madrasah dalam Mengembangkan Metode Tanya Jawab. Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan metode tanya jawab dengan memperkuat kecerdasan linguistik dan kecerdasan emosional guru Madrasah Tsanawiyah. Jenis penelitian adalah korelasi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri di seluruh Kota Pekanbaru. Analisis data menggunakan statistik inferensi dengan regresi linier. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan linguistik dan kecerdasan emosional secara simultan berkontribusi kuat untuk mengembangkan kemampuan guru menggunakan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran. Penguasaan kecerdasan linguistik dan kecerdasan emosional dapat mengembangkan keberhasilan guru-guru Madrasah Tsanawiyah menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajaran. Kecerdasan emosional berkontribusi lebih tinggi daripada kecerdasan linguistik dalam mengembangkan keberhasilan guru-guru Madrasah Tsanawiyah dalam menggunakan metode tanya jawab selama pembelajaran.
Abstract: This research explores the development of a question and answer method by strengthening linguistic and emotional intelligence of Madrasah Tsanawiyah teachers. The type of research is the correlation carried out in the State Madrasah Tsanawiyah throughout Pekanbaru City where the subjects of this study are teachers in various fields of Islamic studies. Linguistic intelligence is predicted to be able to develop the success of teachers using the question and answer method, as well as emotional intelligence. The emotional intelligence contributes higher than linguistic intelligence in developing the success of Madrasah Tsanawiyah teachers in using question and answer methods during learning.
Keywords: linguistic, emotional intelligence, madrasah, Pekanbaru
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quationt Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2007.
Amalia, Taranindya Zulhi. “Internalisasi Peningkatan Linguistik Verbal Melalui Muatan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Inggris PAUD,” in Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Vol. 4, No. 2, 2016.
Asrul dan Ja’far (ed.). Falsafah Pendidikan Islami: Menguak Nilai-nilai Pendidikan dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Asyari, Akhmad. “Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Mengajar,” in el-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 2, 2016.
Ahmad, M. Yusuf & Syahraini Tambak. “Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh,” in Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 5, No. 1, 2018.
Arief, Armai. Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Campbell, Linda. Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press, 2002.
Choiriah, A. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor dalam Akuntan Publik,” in Jurnal Akuntansi, Vol 4, No. 1, 2013.
Citro. “Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru,” in Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 6, 2014.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Fatwa, Sakinah & Andi Diah. “Pengaruh Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Komitmen Tugas pada Guru SMAT PKP Jakarta Islamic School,” in Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, 2015.
Fitriani, H, M. Asy’ari, S. Zubaidah, & S. Mahanal. “Exploring the Prospective Teachers’ Critical Thinking and Critical Analysis Skills,” in Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 8, No. 3, 2019.
Gadrner, Howard. Mulitiple Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.
Ginting, Siti Aisyah. “A Facilitating Effective Teaching Through Learning Based on Learning Styles and Ways of Thinking,” in Dinamika Ilmu: Journal of Education, Vol. 17, No. 2, 2017.
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Gustina Zainal, A., & A. Saleh. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi terhadap Kinerja Penyuluh di Dinas Pertanian Kabupaten Tanggamus,” in Profetik Jurnal Komunikasi, Vol. 10, No. 2, 2017.
H. Song, Kim, and Jack D. Simons. “Beyond Gardner: A Pilot Case Study Assesing Teachers’ Linguistic Intelligence,” in Nys Tesol Journal, Vol. No. 1, 2014.
Herawaty, D. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika,” in JRPM, Vol. 1, No. 1, 2016.
Helmi, Jon. “Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” in Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol. 8, No. 2, 2016.
Irvaniyah, I., & W. Winarso. “Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin,” in Eduma, Vol. 2, No. 2, 2013.
Masdudi. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Guru PAUD dalam Proses Pembelajaran,” in Awlady Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 2, No. 1, 2016.
Nasir, M. “Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu melalui LPTK,” in Dinamika Ilmu: Journal of Education, Vol. 13, No. 2, 2013.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2003.
Novianti, Rahmah. “Pengaruh Peermainan Kartu Bergambar dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan,” in Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7, No. 2, 2013.
Prasetyo, H. D. “Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Bersinergi dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan PT. Bangun Papan Selaras,” in Media Mahardika, Vol. 15, No. 2, 2017.
Purnama, I. M. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan,” in Jurnal Formatif, Vol. 6, No. 3, 2016.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Razali, Sulaiman Ngah. Analisis Data dalam Penyelidikan Pendidikan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa Pustaka, 1996.
Rofiah, N. H. “Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar,” in Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, Vol. 8, No. 1, 2016.
Rosida, V. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 1 Makassar,” in Jurnal Sainsmat, Vol. 4, No. 2, 2015.
Satriani. “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Tanya Jawab Plus),” in Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, Vol. 10, No. 1, 2016.
Shapiro, Lawrence E. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Siahaan, Amiruddin. “Profesionalitas Guru Menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah,” in MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. XI, No. 2, 2016.
Sjaifuddin, S., S. Hidayat, M. Fathurrohman, R. Ardie, & R. A. Z. El Islami. “The Development of Food Security Behavior Model through Environmental-Based Learning: A System Dynamics Approach,” in Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 8, No. 2, 2019.
Sjamsir, Hasbi. “The Influence of Tpr, Gtm Methods and Linguistic Intelligence Toward the Learning Outcomes in English Dap Based (An Experimental Study at the Students of the Second Grade of Sdn Samarinda, East Borneo),” in English Literature and Language Review, Vol. 4, No. 4, 2018.
Sudijono, Anas. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sudirman & Agus Hakri Bukingo, “Kinerja Guru Pasca Sertifikasi,” in Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 13, No. 2, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.
Sunar, Dwi. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ. Yogyakarta: FlashBooks, 2010.
Swasti, N.M., I Made Candiasa, W.S. Warpala. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Kecerdasan Linguistik terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri Abang,” in Jurnal Teknologi Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, 2013.
Syah, Darwyan. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Faza Media, 2006.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Tambak, Syahraini. “Eksistensi Pendidikan Islam Al-Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan al-Azhar dan Pengaruhnya terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Modernisasi di Mesir,” in Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2, 2016.
Tambak, Syahraini. Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Tambak, Syahraini. 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Tambak, Syahraini & Desi Sukenti. “Implementasi Budaya Melayu dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Riau,” in MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 41, No. 2, 2017
Tuckman, Bruce W. Analyzing Social Education Research Data. London: McGraw Hill Book Co., 1978.
Yuliani. “Kecerdasan Linguistik Guru dalam Pembelajaran,” in Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 4, No. 2, 2013
Widyawati, S. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kecerdasan Linguistik,” in Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 2, 2016.
Yaumi, Muhammad. “Desain Strategi Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Peserta Didik,” in Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 2, No. 2, 2015.
Zurinal & Wahdi Sayuti. Ilmu Pendidikan Islam: Pengantar dan Dasar-dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta bekerja sama dengan UIN Jakarta Press, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v43i1.672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.