PENDEKATAN SAINTIFIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Asnil Aidah Ritonga

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan pendekatan saintifik pembelajaran PAI pada SDIT di Kota Medan, berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyusun RPP pembelajaran PAI pada SDIT di kota Medan sudah melakukan variasi pencapaian dalam berbagai aspek yaitu dalam aspek pencapaian tujuan pembelajaran, pencapaian karakter yang diharapkan dalam pembelajaran PAI. Kemudian dalam menyusun kalimat dalam langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan tuntutan pendekatan saintifik telah dituangkan dengan terurai meskipun indikator pencapaiannya belum terlihat secara jelas, dan juga sudah diterapkan meskipun ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan konsep pendidikan dan perlu mendapat perhatian yang lebih serius. Penulis menyimpulkan bahwa kendala yang dihadapi di SDIT kota Medan (al-Fityan, Bunayya dan An-Nizam) tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.  
 
Abstract: Scietific Approach of Islamic Religious Learning in Islamic Integrated Primary School. This study aims to examine the application of scientific approach of PAI learning at SDIT in the city of Medan, based on qualitative approach with phenomenology method. Data analysis was performed using qualitative techniques of Miles and Huberman models. The results showed that in preparing the RPP of learning PAI at SDIT in Medan city has done variation of achievement in various aspect that is in aspect of achievement of learning goal, achievement of character expected in learning of PAI. Then in composing the sentences in the learning steps in accordance with the demands of the scientific approach has been poured down even though the indicators of achievement have not been clearly seen, and also applied even though there are some things that are not in accordance with the concept of education and need to get more serious attention. The author concludes that the obstacles encountered in SDIT Medan in such schools as Al-Fityan, Bunayya and An-Nizam, are not much different from one another.
 
Kata Kunci: pendidikan Islam, pendekatan saintifik, SDIT

Full Text:

PDF

References


Candra, Alif Aditya, dan Muhsinatun Siasah Masruri. “pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran PKn SMP,” dalam Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2015: 2 (2).

Creswell, J.W, & Clark, V. L. P. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publication, 2007.

Dewi, Anastasia Endah Anastika, dan Mukminan Mukminan. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS Di Middle Grade SD TUMBUH 3 Kota Yogyakarta,” dalam Jurnal Prima Edukasi, 2016: 4 (1).

Haidari, Amin (ed.). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jakarta: Puslitbang Kemenag, 2010.

Hanifah. “Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa,” dalam Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2016: 6 (2).

Iru, La, dan La Ode Safiun Arihi. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2012.

Majid, Abdul, dan Chaerul Rochman. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Naim, Ngainun. Rekonstruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan. Yogyakarta: Teras, 2010.

Purnomo, Adi. “model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah,” dalam Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2015: 4 (1).

Rusnilawati. “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII,” dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2016: 3 (2).

Salim, Ahmad. “Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) di Madrasah,” dalam Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 2016: 12 (1).

Strauss, Anselm, dan Juliet Corbin. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


I n d e x i n g :

              

 

 

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (P-ISSN: 0852-0720; E-ISSN: 2502-3616) by http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright �2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

 View My Stats